Senin, 08 Oktober 2012

APA ITU BAHASA?



A.        DEVINISI:
Kali ini saya mau posting tugas baru dalam sebuah kuliah lagi, yaitu TENTANG BAHASA. Nah, sesuai dengan judulnya jadi saya akan membahas sedikit TENTANG BAHASA itu sendiri dalam beberapa point.
Bahasa berbeda dengan bahasa (perhatikan penggunaan huruf kapital pada. Bahasa adalah sebuah pola sambung-wicara manusia yang mempunyai sistem yang rumit dan lentur, sedangkan bahasa adalah pola sambung-wicara yang berada diluar lingkup definisi Bahasa (bahasa yang digunakan oleh binatang adalah salah satu contohnya).
Kemampuan bisa berbahasa bagi manusia, tidak diturunkan secara genetik. Nah kalo yang diwarisi secara genetik adalah kemampuan berbicara dan memahami secara budaya, artinya Bahasa itu dipelajari, bukan diwarisi.
Dalam Bahasa sendiri, ada dua unsur yang sangat penting, yaitu bunyi dan makna akan tetapi dua unsur ini hanyalah unsur kasatmata dari Bahasa dan Bahasa bukanlah dua unsur ini, melainkan koneksi antara bunyi dan makna.
Pengertian Bahasa Menurut Ahli
Menurut Gorys Keraf (1997 : 1), Bahasa adalah alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Mungkin ada yang keberatan dengan mengatakan bahwa bahasa bukan satu-satunya alat untuk mengadakan komunikasi. Mereka menunjukkan bahwa dua orang atau pihak yang mengadakan komunikasi dengan mempergunakan cara-cara tertentu yang telah disepakati bersama.  Lukisan-lukisan, asap api, bunyi gendang atau tong-tong dan sebagainya. Tetapi mereka itu harus mengakui pula bahwa bila dibandingkan dengan bahasa, semua alat komunikasi tadi mengandung banyak segi yang lemah.
 Bahasa memberikan kemungkinan yang jauh lebih luas dan kompleks daripada yang dapat diperoleh dengan mempergunakan media tadi. Bahasa haruslah merupakan bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Bukannya sembarang bunyi. Dan bunyi itu sendiri haruslah merupakan simbol atau perlambang.

B.         FUNGSI-FUNGSI BAHASA:
1.Bahasa sebagai Alat Ekspresi Diri
Sebagai contoh pada awalnya, seorang anak menggunakan bahasa untuk mengekspresikan kehendaknya atau perasaannya pada sasaran yang tetap, yakni ayah-ibunya. Dalam perkembangannya, anak itu sudah tidak lagi menggunakan bahasa hanya untuk mengekspresikan keinginanya, melainkan juga untuk berkomunikasi dengan lingkungan di sekitarnya. Setelah dewasa, kita menggunakan bahasa, baik untuk mengekspresikan diri maupun untuk berkomunikasi. Contoh lain penulis yang mengekspresikan diri dengan tulisan.
2.Bahasa sebagai Alat Komunikasi
Komunikasi merupakan akibat yang lebih jauh dari ekspresi diri. Komunikasi tidak akan sempurna bila ekspresi diri kita tidak diterima atau dipahami oleh orang lain. Dengan komunikasi pula kita mempelajari dan mewarisi semua yang pernah dicapai oleh nenek moyang kita, serta apa yang dicapai oleh orang-orang yang sezaman dengan kita. Sebagai alat komunikasi, bahasa merupakan penyalur dari maksud kita, melahirkan perasaan, memungkinkan kita menciptakan kerja sama dengan orang di sekeliling kita, serta merencanakan dan mengarahkan masa depan kita.
3.Bahasa sebagai Alat Integrasi dan Adaptasi Sosial
Bahasa disamping sebagai salah satu unsur kebudayaan, memungkinkan pula manusia memanfaatkan pengalaman mereka, mempelajari dan mengambil bagian dari pengalaman imereka, serta belajar bersosial dengan orang-orang lain di dalam dan di luar lingkungan. Dalam bermasyarakat hanya dapat dipersatukan secara efisien melalui bahasa. Bahasa sebagai alat komunikasi, bisa memungkinkan tiap orang untuk merasa dirinya terikat dengan kelompok sosial yang dimasukinya, serta dapat melakukan semua kegiatan kemasyarakatan dengan menghindari sejauh mungkin bentrokan-bentrokan. Dan memungkinkan integrasi (pembauran) yang sempurna bagi tiap individu dengan masyarakatnya

C.          PERKEMBANGAN BAHASA INDONESIA?
Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi di negara kita saat ini, yaitu berasal dari Bahasa Melayu. Pada zaman dahulu, Bahasa Melayu berfungsi sebagai bahasa kesastraan, bahasa penghubung antar suku di Indonesia, bahasa perdagangan serta bahasa resmi kerajaan-kerajaan di nusantara. Prasasti-prasasti kuno yang ditemukan di Indonesia juga banyak yang menggunakan Bahasa Melayu. Usulan Bahasa Melayu sebagai bahasa nasional berasal dari seorang politikus, sastrawan, dan ahli sejarah di Indonesia bernama Muhammad Yamin. Dia berpendapat bahwa Bahasa Melayu adalah bahasa pergaulan dan persatuan di Indonesia. Beberapa faktor yang menyebabkan Bahasa Melayu diangkat menjadi bahasa nasional oleh Bangsa Indonesia, yaitu Bahasa Melayu merupakan bahasa penghubung antar suku bangsa di seluruh Indonesia dan telah diterima dengan baik oleh semua suku bangsa di nusantara, Bahasa Melayu sangat mudah dipelajari, serta Bahasa Melayu mempunyai tutur kata dan bahasa yang halus sesuai dengan ciri khas bangsa kita yang santun dan sopan.
Bangsa Indonesia resmi mengakui Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan nasional Indonesia yaitu pada saat Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928, yaitu sesuai dengan bunyi ikrar sumpah pemuda ketiga yaitu “Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa  persatuan, Bahasa Indonesia.”  Namun secara hukum Internasional, Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional Bangsa Indonesia baru diakui pada tanggal 18 Agustus 1945 atau setelah Kemerdekaan Indonesia.
Perkembangan Bahasa Indonesia dimulai dengan lahirnya seorang pujangga bernama Sutan Takdir Alisyahbana. Beliau telah menyusun tata bahasa baru bahasa Indonesia, peristiwa penting mengenai bahasa Indonesia terjadi, saat dilangsungkan Kongres Bahasa Indonesia I di Solo. Kongres tersebut menghasilkan adanya usaha pembinaan dan pengembangan Bahasa Indonesia oleh cendekiawan dan budayawan Indonesia pada saat itu.
Pada pada 1945, diadakanlah sidang PPKI pertama dan ditandatanganilah Undang-Undang Dasar 1945, yang salah satu pasalnya menetapkan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Negara Indonesia.
Perkembangan baru tentang bahasa Indonesia terjadi lagi, yaitu memunculkan penggunaan Ejaan Republik Indonesia atau sering disebut dengan Ejaan Soewandi.
Setelah kongres Bahasa Indonesia I diadakan Kongres Bahasa Indonesia II diselenggarakan di Medan. Bahasa Indonesia yang telah diangkat sebagai bahasa kebangsaan dan ditetapkan sebagai Bahasa Negara Indonesia terus disempurnakan.
Pada kepemimpinan Bapak Soeharto sebagai Presiden RI kedua, beliau meresmikan penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (EYD). Menteri Pendidikan pada saat itu yaitu Bapak Mashuri Saleh, beliau menetapkan pedoman EYD yang resmi dan diberlakuan di seluruh wilayah nusantara Indonesia.
Kongres-kongres Bahasa pun diadakan terus menerus oleh para pakar dan ahli bahasa. Dimulai  dari Kongres Bahasa Indonesia III, IV, V, VI dan VII di Jakarta.
Kongres-kongres tersebut menghasilkan banyak hal, diantaranya adalah semua warga negara Indonesia diwajibkan menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar, dicetaknya Kamus Besar Bahasa Indonesia dan Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia, serta didirikannya Lembaga Bahasa Indonesia dan Badan Pertimbangan Bahasa. Bahasa Indonesia pada zaman modern saat ini sangat penting peranannya, yakni sebagai alat pemersatu bangsa, sarana bertukar pikiran dan pandangan, pemerkokoh kebudayaan nasional, serta yang terpenting adalah sebagai ciri identitas bangsa Indonesia sebagai bangsa yang besar dan berkarakter kuat.

D.    KEDUDUKAN BAHASA INDONESIA
1.     Bahasa Nasional
·       Lambang kebanggaan Nasional.
·       Lambang Identitas Nasional.
·       Alat pemersatu berbagai masyarakat yang berbeda-beda latar belakang sosial budaya dan bahasanya.
·       Alat penghubung antarbudaya antardaerah.

2.     Bahasa Negara (Bahasa resmi Negara Kesatuan Republik Indonesia)
·       Bahasa resmi kenegaraan.
·       Bahasa pengantar resmi dilembaga-lembaga pendidikan.
·       Bahasa resmi di dalam perhubungan pada tingkat nasional untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pemerintah.
·       Bahasa resmi di dalam pengembangan kebudayaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan serta teknologi modern.

DAFTAR PUSTAKA:
Categories:

1 komentar:

  1. jadi bahasa Indonesia itu dari bahasa melayu ya, pantas saja kalau ada orang biara melayu kita juga langsung mengerti apa yang dibicarakan.
    https://www.tokopedia.com/mmionline/lampu-service-cody-168-kaca-pembesar

    BalasHapus

Judul Lain