A. Pengertian
Staff adalah tenaga ahli yang bertugas memberikan pertimbangan dan
nasehat kepada pemimpin sesuai dengan keahliannya.
B. Peranan
Staf memiliki kedudukan yang strategis dalam sebuah organisasi baik itu
milik pemerintah maupun milik swasta. Penyediaan pelayanan jasa atau barang
tidak akan tercapai dan terlaksana jika staf tidak ada atau staf yang ada tidak
berfungsi dengan baik. Jadi staflah yang
menjadi ujung tombak kinerja dalam sebuah organisasi untuk mencapai tujuan dan
itulah yang menjadi tolak ukur peran staf dalam organisasi.
C. Macam – macam dan fungsi
staf
a) Staf penasihat
Dibentuk untuk membantu manager menjalankan tugasnya dengan baik, yaitu
dengan cara pemberian nasihat, saran, dan jasa. Dan jika diperlukan staf akan
diangkat kebidang perencanaan, pengorganisasian, pemberian motivasi,
pengawasan, dan pengambilan keputusan. Proses pemberian saran kepada manager dengan
melakukan riset yang meliputi:
1.
Mengadakan analisis fakta-fakta, informasi-informasi yang diterima.
2.
Mengadakan evaluasi atau penilaian.
3.
Membuat berbagai alternatif atau kemungkinan.
4.
Mengadakan pemilihan dari berbagai kemungkinan yang dianggap paling
baik.
5.
Membuat kesimpulan.
6.
Merumuskan saran-saran atau pertimbangan-pertimbangan dalam suatu bentuk
tertentu sehingga mudah dan cepat dipahami oleh pimpinan.
b) Staf pelayanan
Yaitu untuk membantu pimpinan melancarkan tugas – tugas organisasi
dengan menyediakan pelayanan untuk seluruh unsur organisasi dalam bentuk
kegiatan – kegiatan operasional, bukan pemberian saran. Beberapa contoh fungsi
staff pelayanan:
1.
Memberikan informasi kepada pemimpin
2.
Memberikan batuan kepada pemimpin dalam memecahkan masalah jika
diperlukan
3.
Membantu menjalankan recana-rencana yang telah ditentukan oleh seorang
pemimpin dan masih banyak lagi lainnya.