Sabtu, 06 Oktober 2012

PERANAN STAF DALAM ORGANISASI


A.      Pengertian
Staff adalah tenaga ahli yang bertugas memberikan pertimbangan dan nasehat kepada pemimpin sesuai dengan keahliannya.
B.      Peranan
Staf memiliki kedudukan yang strategis dalam sebuah organisasi baik itu milik pemerintah maupun milik swasta. Penyediaan pelayanan jasa atau barang tidak akan tercapai dan terlaksana jika staf tidak ada atau staf yang ada tidak berfungsi  dengan baik. Jadi staflah yang menjadi ujung tombak kinerja dalam sebuah organisasi untuk mencapai tujuan dan itulah yang menjadi tolak ukur peran staf dalam organisasi.

C.      Macam – macam dan fungsi staf
a)      Staf penasihat
Dibentuk untuk membantu manager menjalankan tugasnya dengan baik, yaitu dengan cara pemberian nasihat, saran, dan jasa. Dan jika diperlukan staf akan diangkat kebidang perencanaan, pengorganisasian, pemberian motivasi, pengawasan, dan pengambilan keputusan. Proses pemberian saran kepada manager dengan melakukan riset yang meliputi:
1.           Mengadakan analisis fakta-fakta, informasi-informasi yang diterima.
2.           Mengadakan evaluasi atau penilaian.
3.           Membuat berbagai alternatif atau kemungkinan.
4.           Mengadakan pemilihan dari berbagai kemungkinan yang dianggap paling baik.
5.           Membuat kesimpulan.
6.           Merumuskan saran-saran atau pertimbangan-pertimbangan dalam suatu bentuk tertentu sehingga mudah dan cepat dipahami oleh pimpinan.
b)      Staf pelayanan
Yaitu untuk membantu pimpinan melancarkan tugas – tugas organisasi dengan menyediakan pelayanan untuk seluruh unsur organisasi dalam bentuk kegiatan – kegiatan operasional, bukan pemberian saran. Beberapa contoh fungsi staff pelayanan:
1.       Memberikan informasi kepada pemimpin
2.       Memberikan batuan kepada pemimpin dalam memecahkan masalah jika diperlukan
3.       Membantu menjalankan recana-rencana yang telah ditentukan oleh seorang pemimpin dan masih banyak lagi lainnya.




Categories:

Judul Lain