Kamis, 05 Juni 2014

Cara Mengatasi Kartu Memori Rusak atau File Tidak Terdeteksi

tulisan ke-3 etika dan profesionalisme TSI

Memori adalah tempat penyimpanan file besar maupun kecil. Memori eksternal seperti microSD terkadang memiliki masalah pada saat dipasang pada ponsel seperti tidak bisa membuka file, tentunya akan mengganggu kita dalam penggunaan ponsel. Kerusakan pada memori bisa saja karena virus atau sistem didalamnya, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa hardwarenya/fisik memori tersebut yang mengalami kerusakan.

Kartu memori untuk ponsel sangat dibutuhkan karena biasanya ponsel hanya memiliki memori kapasitas kecil yang disediakan. Karena itu memori eksternal seperti micro SD ini tentunya sangat dibutuhkan sebagai pasangan ponsel dalam menyimpan banyak file yang dibutuhkan.

Biasanya kartu memori yang rusak pada bagian sistem, bukan secara fisik/hardwarenya salah satu penyebabnya adalah karena kita sering mengeluarkan dan memasukkan ke komputer untuk tujuan transfer file dari komputer, atau bisa juga karena pengaruh dari medan magnet atau bisa juga karena panas. Hal tersebut akan menyebabkan memori corrupt. Apabila  anda mengalami masalah ini, yaitu kerusakan  sistem filenya sehingga membuat memory kita hang/tidak bisa membuka isinya, anda dapat menggunakan langkah seperti dibawah ini:
1.      Memformat kartu memori, caranya lepas kartu memori dari ponsel bisa dengan mematikan ponsel terlebih dahulu atau dengan mengikuti langkah/aturan yang ada pada ponsel untuk aman dicabut. Masukkan memori pada card reader dan colokkan pada komputer anda. kemudian cari drive kartu memori pada explorer, Jika sudah terdeteksi silakan klik kanan dan klik “format”. Jika muncul pilihan format silakan pilih format file FAT dan tunggu proses format hingga selesai biasanya tidak lebih dari 15 detik.  Setelah itu coba pada ponsel.
2.      Apabila tidak bisa diformat dan muncul pesan error bisa gunakan cara ini, yaitu sebagai berikut :
Klik Start >> Run >> ketik “CMD” (tanpa tanda petik) atau dengan menekan tombol windows+r pada keyboard di desktop. Setelah muncul jendela DOS prompt ketik FORMAT g: / FS:FAT (g=merupakan drive letak kartu memori, apabila kartu memori anda terletak pada drive h, maka tuliskan h) tunggu hingga selesai.
apabila kartu memori anda tidak terbaca dikomputer instal ulang driver memori anda dengan cara klik Start>>My Computer(klik kanan)>>manage>>device manager>> cari yang ada tanda seru kuning pada universal serial bus controllers>> Uninstal  sampai selesai proses kemudian scan for hardware change (klik kanan).
Jika tetap tidak bisa/ tidak terdeteksi sama sekali coba ganti dengan card reader lain. Namun bila tetap tidak bisa kemungkinan kerusakan terjadi dari sisi fisiknya. Solusinya adalah  dengan menggosok bagian yang berwarna emas pada memori dengan penghapus, beberapa memori berhasil dengan cara ini tapi tidak bertahan lama. Jika semua cara gagal ya anda harus menggantinya dengan yang baru dengan merk yang bagus. Semoga berhasil!


Categories:

5 komentar:

  1. makasih min :)


    Ingin Bayar PPOB Menggunakan Smartphone Android ? Download Aplikasinya : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cendana2000.serbabayarmobile Gratis. Bisa juga digunakan untuk Isi Voucher Pulsa , Token PLN , dan lainnya. Download Sekarang Atau Klik www.serbabayar.com

    BalasHapus
  2. Kalo punya saya di laptop bisa terbaca, kalo di hp tulisannya aman dicabut.keluar sendiri. Nggak terbaca

    BalasHapus
  3. Kalo punya saya di laptop bisa terbaca, kalo di hp tulisannya aman dicabut.keluar sendiri. Nggak terbaca

    BalasHapus
  4. sangat membantu gan...

    http://feeagen.com

    BalasHapus

Judul Lain